Liga Belgia, Batu Loncatan Daichi Kamada ke Bundesliga

Berbicara soal kiprah pemain sepak bola Jepang di Bundesliga, nama Shinji Kagawa tentu tak akan diperhatikan. Menurut sumber Bola terpercaya Kagawa memainkan peran kunci dalam kesuksesan Dortmund yang disutradarai oleh Juergen Klopp untuk mengakhiri dominasi Bayern Munich di Bundesliga selama dua tahun berturut-turut.

Di sisi lain, fans Bundesliga pun sudah tidak asing lagi dengan nama kapten timnas Jepang saat ini, Makoto Hasebe. Gelandang bertahan, kini 36, telah berada di puncak sepakbola Jerman sejak 2008. Hasebe menjadi pemain Jepang kedua yang memenangkan trofi Bundesliga (bersama Wolfsburg 2008/09). Hasebe saat ini bermain untuk Eintracht Frankfurt.

Namun, ada satu talenta Blue Samurai yang pantas disaksikan di Bundesliga musim ini. Namanya Daichi Kamada, rekan setim Hasebe di Eintracht Frankfurt. Bermain sebagai gelandang serang, Kamada sering disebut sebagai pengganti Shinji Kagawa. Berbeda dengan Hasebe yang berhasil langsung mengangkat trofi, perjalanan Kamada ke tim utama di Frankfurt lebih rumit.

Kecintaan Kamada pada sepak bola dimulai saat dia masih kecil. Ayahnya, Fukushige, adalah mantan pemain sepak bola dan bekerja di Osaka University of Health and Sports Science.

Saat masuk SMA, Kamada bergabung dengan Gamba Osaka dan terpilih dalam skuad U-13. Namun karena cedera, ia memutuskan untuk meninggalkan Gamba Osaka dan bergabung dengan klub SMA Higashiyama pada 2012. Di sana, bakatnya tampak muncul secara alami, terutama saat bermain sebagai gelandang. Dengan postur tubuh yang lebih tinggi dari rekan-rekannya, Kamada terlalu superior.

Setelah lulus pada tahun 2014, secara umum calon pemain dari seluruh SMA di Jepang akan ditawarkan untuk bergabung dengan klub J-League. Sedikitnya lima klub menawarkan Kamada, tapi pemain 180cm memilih Sagan Tosu.

Selama tiga musim di Sagan Tosu, Kamada tampil bagus. Dari 80 pertandingan, Kamada mencetak 16 gol dan 11 assist. Catatan ini cukup membuat Eintracht Frankfurt jatuh cinta. Singkatnya, Kamada sudah menandatangani kontrak empat musim hingga 2021.

Musim pertamanya di Commerzbank-Arena tidak mulus. Kamada gagal bersaing dengan Sebastien Haller, Luka Jovic dan Ante Rebic. Trio lini depan Die Adler menyumbang 68% gol Frankfurt di musim Bundesliga 2018/19. Sedangkan Kamada dipinjamkan ke klub Belgia, Sint-Truidense.

Masa pinjaman tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Kamada untuk mengamankan posisi penting di tim asuhan Adi Huetter. Segera, Kamada memengaruhi klub dengan gol pertamanya dalam kemenangan Sint-Truidense atas Gent. Sejak pertandingan perdananya, Kamada telah menempati peringkat pertama di tim utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *