Ragam Corak Batik Populer Khas Berbagai Daerah

Batik dan Indonesia, sebagai dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Batik adalah kain khas dari Indonesia yang telah banyak digunakan sejak jaman dahulu kala. Zaman dulu, batik dapat dipakai sebagai pakaian pada setiap harinya masyarakat Indonesia. Penggunaan kain batik biasanya dipadukan dengan kebaya atau baju adat lainnya.

Kata batik berasal dari bahasa jawa ambhatik yang terdiri dari kata amba yang berarti lebar, kain dan kata bhatik yang berarti titik atau otomatis. Kedua kata tersebut kemudian berkembang menjadi istilah batik yang dapat diartikan membuat jahitan pada selembar kain berukuran besar. Batik juga diartikan secara lebih luas sebagai kain batik yang dibuat secara khas dengan tulisan atau tulisan malam di kain tersebut.

Sejak ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-Budaya oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009, popularitas batik semakin meningkat. Batik semakin banyak digunakan sebagai pakaian formal. Batik tidak lagi kuno, tapi lebih elegan dan berkelas. Tidak hanya dijadikan sebagai sandang, kain batik atau corak batik kini diaplikasikan pada berbagai dekorasi rumah, seperti sofa, furniture kayu, permadani, bantal dan lain sebagainya.

Membicarakan batik tidak lengkap rasanya tanpa membahas berbagai motif khas batik dari berbagai daerah di Indonesia. Berikut beberapa motif batik yang populer di Indonesia.

1. Batik Megamendung

Batik Megamendung ialah motif kain batik ciri khas daerah Cirebon. Morif batik megamendung begitu khas dengan bentuk awan yang besar, cerah dan mencolok. Beberapa warna yang biasa diaplikasikan pada batik Megamendung ialah biru, merah tua, ungu dan juga hijau tua.

2. Tujuh Bentuk Batik Pekalongan

Pekalongan merupakan salah satu wilayah yang sangat dikenal luas sebagai daerah penghasil batik dan sentra batik. Berbagai motif batik elegan diproduksi di kota Pekalongan. Ciri khas batik Pekalongan didominasi oleh motif tumbuhan dan hewan. Batik Pekalongan akan terlihat sangat indah jika dipadukan dengan pakaian sederhana.

3. Batik Parang rusak

Anda pasti sering melihat motif batik yang satu ini. Corak batik Parang Rusak merupakan corak batik yang sangat populer di kalangan pecinta batik. Motif batik Parang Rusak memiliki makna yang dalam, yaitu berjuang melawan maksiat dan hawa nafsu sepanjang hidup manusia. Batik Parang Rusak sangat sering digunakan untuk berbagai kerajinan tangan yang dibuat sebagai pengganti batik.

4. Batik Keraton

Batik Keraton adalah batik yang pada awalnya diproduksi oleh putri-putri dan pengrajin batik di Keraton. Corak batik Keraton ini sangat padat, anggun, suci dan penuh filosofi hidup. Oleh karena itu, pada masa lalu batik Keraton hanya dapat digunakan oleh segelintir orang saja.

5. Batik Priyangan Tasikmalaya

Batik Priyangan Tasikmalaya terkenal dengan ciri khasnya yang memiliki corak tegas, bersih dan berkelas. Keutamaan motif priyangan, tumbuhan menjadi identitas diri batik Priyangan.

6. Batik Lasem

Batik Lasem merupakan batik yang berasal dari sebuah daerah bernama Lasem yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Batik lasem memiliki warna merah cerah yang khas. Ini karena batik Lasem sangat dipengaruhi oleh budaya Tionghoa.

7. Batik Bali

Beragam batik khas Pulau Dewata juga diapresiasi, lho! Banyak motif batik Bali yang terinspirasi dari berbagai binatang seperti kura-kura, bangau dan rusa. Warna yang digunakan pada batik Bali juga sebagian besar adalah warna terang, seperti biru, kuning dan ungu.

8. Batik Pring Sedapur Magetan

Batik Pring Sedapur Magetan merupakan batik pilihan dengan corak yang simpel dan ringkas. Meski begitu, batik Pring Sedapur sarat makna filosofis. Motif batik ini didominasi oleh gambar buluh yang menyampaikan makna hidup damai dan tentram.

9. Batik Malang

Kota Malang Jawa Timur juga punya motif batik yang membanggakan. Batik Malang memiliki warna cerah yang khas. Motif batik Malang juga unik, yaitu perpaduan gambar candi yang ada di kota.

10. Batik Betawi

Jakarta juga punya batik lho! Batik Betawi sering dipamerkan di pameran budaya Betawi atau dipakai di acara-acara bergengsi seperti acara Abang None Jakarta. Pilihan warna cerah dan mencolok dipadukan dengan corak khas Betawi seperti ondel-ondel, pucuk buluh, kelapa tanah air dan gambang kromong menjadi ciri khas batik Betawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *