Mengenal 2 Jenis Penyakit Pada Ayam Ternak

Dewasa ini berbagai jenis penyakit yang menyerang ayam ternak cukup banyak. Baik penyakit lama maupun baru terus menghantui para peternak yang menjadikan bisnis ayam sebagai mata pencaharian. Tak heran banyak sekali diantara mereka yang takut. Selain dapat menyebabkan kematian pada ayam, penyakit- penyakit tersebut juga dapat menurunkan harga ayam broiler hari ini serta ayam petelur. Namun apabila kita mengetahui jenis penyakit berdasarkan ciri-cirinya maka kita akan mampu memberikan penanganan yang tepat sehingga angka kerugian bisa sangat ditekan. Berikut beberapa jenis penyakit yang dapat menambah wawasan anda.

Penyakit Leucocytozoonosis. Penyakit ini hampir sama dengan penyakit kolera unggas berdasarkan ciri-ciri dan gejala yang ayam alami. Pada gejala yang timbul akibat leucocytozoonosis ayam akan mengeluarkan kotoran atau feses berwarna hijau. Ayam akan kehilangan nafsu makan dan nampak depresi. Warna jengger pada ayam juga berubah menjadi pucat serta jumlah telur yang dikeluarkan menurun. Terjadi pendaharan berbentuk titik pada hampir setiap organ dalam seperti otot dada/paha, limpa, paru-paru, pankreas, dan hati). Juga muncul gumpalan darah pada rongga perut dan saluran pernafasan serta pendarahan di paru-paru. Hali ini membuat seekor ayam muntah darah diikuti dengan kematian.

Penyakit mata ayam bengkak. Penyakit ini dibaa oleh Infectious Bronchitis Virus (IBV). Gejala awal yang ditimbulkan cukup ringan seperti ayam akan mengalami batuk, bersin, dan mendengkur. Namun apabila anda tidak segera mengambil tindakan maka akan keluar cairan dari hidung dan mata ayam tersebut. Gejala umum lainnya juga ayam tersebut tidak akan bertelur lagi. Ada beberapa vaksin yang efektif mencegah penyakit ini namun apabila salah satu ayam anda terlanjur terjangkit sebaiknya anda bergegas memisahkan ayam tersebut dari ayam lainnya. Virus ini dapat dengan cepat menular melalui media udara. Letakkan kandang ayam yang di karantina pada suhu yang hangat dan kering. Anda juga dapat mendongkrak kesembuhannya dengan memberikan teh herbal hangat beserta rempah rempah segar lalu dicampur dan diberikan pada ayam tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *