Mengenal Lebih Dekat Perbedaan TOEFL, TOEIC, dan IELTS

TOEFL atau Test of English As A Foreign Language yang digunakan oleh jutaan pegawai dan murid untuk bergabung dalam institusi sesuai dengan standar skor TOEFL. Format TOEFL terdiri atas 3 yaitu komputer, paper based dan internet based. Setiap soal terdiri atas reading, writing, listening dan speaking pada internet based. Format paper based yang terdiri atas listening, writing, reading comprehension, structure and written expression dan soalnya dikerjakan dalam waktu satu hari. Hal ini adalah cara mendapatkan sertifikat TOEFL sesuai dengan skor dan skornya akan diketahui setelah 10 sampai 15 hari setelah melakukan tes.

TOEFL merupakan tes yang cukup umum ditemui dan banyak digunakan karena akan lebih mudah mengetahui pemahaman seseorang dalam bahasa asing. Selain itu melalui TOEFL akan diketahui tingkat pembelajaran dan komunikasi dalam penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya dan berlaku selama 2 tahun, jika melewati periode maka harus melakukan tes ulang di EF adults. TOEFL {BT memiliki skor sekitar 310 hingga 677 poun dan TOEFL iBT sekitar 120. TOEIC dan IELTS memiliki waktu pengerjaan lebih singkat dibandingkan TOEFL selama 4 jam dengan jeda 10 menit.

TOEIC atau Test of English for International Communication untuk mengetahui tingkat kemampuan seseorang dalam berkomunikasi untuk lingkup internasional. TOEIC biasanya digunakan jika bekerja pada perusahaan multinational dan penting untuk perusahaan internasional. Skor TOEIC sekitar 10 sampai 990 poin dan memiliki waktu pengerjaan selama 2 jam dan memiliki soal sebanyak 200 dengan reading comprehension, pilihan ganda dan listening.

IELTS atau English Language Testing System yang digunakan untuk kebutuhan akademik atau kebutuhan kuliah di luar negeri. Setiap mahasiswa yang ingin memiliki jenjang lebih tinggi maka harus memiliki IELTS. IELTS memiliki waktu pengerjaan selama 40 menit untuk listening, 1 jam untuk reading dan 1 jam untuk writing. Beberapa perbedaan ini membuat penggunaan TOEFL paling umum digunakan walaupun demikian TOEIC dan IELTS tentu perlu dimiliki juga untuk mendukung sertifikasi kemampuan bahasa Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *