Obat Diabetes: Berikut Fakta dan Jenis Diabetes yang Harus Anda Ketahui

Diabetes merupakan penyakit yang dapat disembuhkan dengan obat. Obat diabetes alami dapat menggunakan daun sirsak yang dimasak airnya lalu diminum secara teratur. Kunyit dapat dikonsumsi dengan zar kurkumin sebagai anti glikemik untuk memberikan keseimbangan terhadap internal gula darah sehingga dapat menurunkan terjadinya gejala pada penderita diabetes. Dengan pengobatan alami dapat dilakukan dengan pengobatan medis.

Berikut adalah fakta penyakit diabetes diantaranya:

  • Diabetes awalnya ditemukan oleh seorang dokter Yunani yang menjelaskan penyakit dengan tanda gejala sering berkemih, sering haus dan turunnya berat badan.
  • Seorang dokter Thomas Willis mendapatkan penelitian terkait air seni dari penderita akan terasa mandi.
  • Tahun 1889 oleh Oskar Minkowski dimana ditemukannya untuk hubungan antara pankreas dan diabetes setelah melakukan pengangkatan pankreas di seekor anjing.
  • Untuk memeriksa diabetes pada masa lalu adalah dengan mencicipinya dan mengamatinya dengan lalat dan semut.
  • Tahun 1936, dibagi menjadi diabetes 1 dan 2 dan penderita diabetes akan meninggal lebih cepat dibandingkan lainnya.
  • Tahun 1921 dokter membuat penderita diabetes yang hanya diberikan konsumsi makanan oatmeal sehingga penderita dibiarkan lapar.
  • Diabetes pada tipe 2 ditemukan dari golongan sulfoniluera sehingga dapat memberikan rangsangan untuk menghasilkan insulin dengan 7 jenis antidiabetes.
  • Sesuai dengan data WHO menunjukkan 422 juta yang memberikan data usia >18 tahun dan semakin meningkat hingga 1980.

Selain itu, fakta dari diabetes menunjukkan bahwa satu dari 3 orang tidak mengetahuinya penyakit. Di Indonesia, penyakit diabetes merupakan yang paling ditakuti dan diabetes dapat terjadi kepada siapapun. Diabetes tipe 1 dimiliki sejak kanak-kanak dan tipe 2 dengan paruh baya, sedang hamil dan sedang di usia muda atau <25 tahun. 80% dari kasus diabetes tipe dicegah dengan menurunkan berat badan sebanyak 7 kg dan 30 menit dengan cara melakukan intensitas kegiatan fisik setiap harinya. Untuk penyakit diabetes melitus sulit disembuhkan namun dapat dikendalikan, untuk menu makanan penderita disesuaikan dengan jadwal makan, jumlah dan jenis.

Indonesia memiliki jumlah penderita diabetes mulai dari 15 tahun hingga 10,9% dari seluruh populasi. Sesuai dengan jumlah penduduk sekitar 21 jiwa telah meningkat untuk penderita diabetes. Setiap tahunnya sekitar 9 juta orang terus bertambah hingga 2018 dan setiap provinsi mengalami kenaikan dan terbesar berada di Provinsi Riau, Papua Barat dan DKI Jakarta, sedangkan di Provinsi Nusa Tenggara Timur mengalami penurunan angka penderita diabetes. Angka kematian diabetes meningkat hingga 6,7% di Indonesia dengan tertinggi di Sri Lanka.

Berikut adalah jenis diabetes diantaranya:

  • Diabetes tipe 1 yang menyebabkan adanya gangguan pada imun sehingga merusak sel pada hormon insulin sehingga pangkreas tidak bekerja dengan baik. Dengan resiko munculnya autoantibodi, kekurangan vitamin D dan turunan dari penderita lainnya.
  • Diabetes tipe 2 penyakit yang sering terjadi sering disebut sebagai penyakit kencing manis, penyebabnya adalah faktor genetik dan lingkungan, penderita kelebihan berat badan menjadi pemicu penyakit ini.
  • Diabetes gestastional yang terjadi ketika wanita sedang hamil menyebabkan masalah ketika tidak diobati yang berdampak pada bayi dan ibu.

Gejala diabetes melitus adalah sering haus, sering mengalami infeksi, merasa lesu, sering melakukan buang air kecil. Gejala yang jarang terjadi adalah infeksi pada vagina, infeksi jamur, luka yang sulit sembuh, gatal pada bagian kulit, mulut kering dan mual. Gejala yang disadari untuk segera mengonsumsi obat diabetes adalah kaki menjadi sakit dan mati rasa hingga pandangan menjadi kabur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *