Hal Ini Dapat Membuktikan Kualitas Batik Solo

Kain batik telah banyak digunakan sebagai bahan dasar pakaian, tak terkecuali batik solo. Batik solo memiliki motif dengan corak yang beragam dan memiliki nilai seni yang tinggi. Tak heran, banyak sekali orang memilih batik solo sebagai pakaian yang dikenakan untuk berbagai kesempatan.

Sebelum Anda memilih batik, sebaiknya perhatikan kualitas pada batik itu sendiri. Banyak nya pilihan batik yang beredar di pasaran, tak ayal membuat Anda harus pandai – pandai memilih batik dengan kualitas yang baik. Bila Anda masih belum mengetahui bagaimana kualitas batik yang baik atau bukan, di bawah ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk membuktikan kualitas dari batik.

  1. Perhatikan kualitas warna
    Saat memilih batik, cara yang mudah untuk mengetahui kualitas warna adalah dengan meraba warna yang terdapat pada batik. Bila warna meninggalkan bekas pada tangan Anda, berarti kualitas warna sangat buruk. Sebaliknya bila tidak meninggalkan bekas, maka dapat dikatakan kualitas warna cukup baik. Sebenarnya untuk mengetahui lebih lanjut apakah warna mudah luntur atau tidak yaitu dengan cara merendam nya.
  1. Perhatikan bagian dalam batik
    Saat memilih baju batik, perhatikan bagian sisi dalam baju dengan cara membalik nya. Baju batik berkualitas tinggi biasanya memiliki cetakan yang sama baik luar maupun dalamnya. Hal ini dapat menandakan bahwa batik melalui proses yang pembuatan detail dan lebih awet dari pada batik yang bagian luar dan dalamnya berbeda.
  1. Perhatikan kain batik
    Tempel kan baju batik dengan kulit Anda, bila batik terasa dingin artinya kain tersebut memiliki kualitas terbaik. Pasalnya jenis kain ini tidak mudah kusam walaupun di cuci berkali – kali, selain itu kain batik yang tampak kaku dapat melunak dengan sendirinya setelah dicuci.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ikuti untuk memilih batik solo berdasarkan kualitas nya. Kualitas yang baik tentu akan membuat penampilan Anda semakin maksimal. Semoga dengan informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda untuk mengetahui kualitas dari batik yang ingin Anda kenakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *