Rumus dan hukum Gerak Newton

Hukum gerak newton memiliki 3 bagian yang pastinya menjadikannya memiliki 3 rumus. Hukum Newton ditemukan oleh Sir Issac Newton. Hukum ini menjadi hukum fisika mendasar dan menjadi dasar mekanika klasik. Hukum ini menjabarkan tentang huungan antara gaya yeng bekerja serta gerak yang disebabkan. Berikut kami ulas 3 hukum Newton.

Hukum Newton 1

Hukum Newton 1 berbunyi “Apabila resultan gaya yang bekerja pada benda sama dengan 0, makabenda yang mulanya diam akan tetap diam. Benda yang mulanya bergerak lurus beraturan akan tetap bergerak lurus beraturan dengan kecepatan konstan”

contoh penerapan hukum Newton 1 adalah saat mobil yang bergerak dengan cepat kemudian di rem secara mendadak akan menyebabkan penumpangya terdorong ke depan. Atau mobil yang mulanya diam dan tiba – tiba di gas akan menyebabkan penumpang terdorong ke belakang.

Hukum Newton 2 Dan Rumusnya

Hukum Newton 2 berbunyi “percepatan dari benda akan sebanding dengan jumlah resultan gaya yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan besar massanya”. Rumus hukum Newton 2 dapat dituliskan ∑F = m x a

Contoh penerapan dari hukum Newton 2 adalah ketika kita menarik gerobak yang penuh dengan muatan, kita akan memerlukan tenaga sesuai dengan beratnya muatan. Apabila kita menarik dengan perpatan yang tinggi kita akan menghasilkan gaya yang besar pula pada gerobak, sehingga akan terasa lebih ringan.

Hukum Newton 3 Dan Rumusnya

hukum Newton 3 berbunyi “apabila suatu benda memberikan gaya pada benda lain, maka benda yang dikenai gaya akan gaya yang besarnya sama pula dengan gaya yang diterima, namun arahnya berlawanan”.

Pada rumus hukum Newton 3, ada 3 jenis gaya yang mempengaruhi. Antara lain gaya gesek digambarkan Fg = µ x N ; gaya berat dirumuskan w = m xg  ; gaya sejenis yang dirumuskan s= px g.

Contoh dari hukum 3 Newton adalah ketika kita memukul tembok dan merasakan sait. Rasa sakit ita tersebut diakibatkan oleh gaya yang kita berikan kepada tembok, hanya berlawanan arah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *