Pengertian OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Secara Lengkap

Apa itu OJK Definisi OJK adalah lembaga negara yang tugasnya menerapkan sistem regulasi dan pengawasan sektor jasa keuangan yang terintegrasi. Dikatakan guruakuntansi.co.id beberapa di antaranya termasuk dalam sektor Jasa Keuangan di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) termasuk:

  • Perbankan
  • Pasar modal
  • Asuransi
  • Dana pensiun
  • Lembaga pembiayaan
  • Dan berbagai lembaga jasa keuangan lainnya

Otoritas Jasa Keuangan (JOK) didirikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011. OJK adalah lembaga negara yang independen dan bebas dari campur tangan pihak lain dalam pelaksanaan tugasnya.

Latar belakang untuk penciptaan OJK

Latar belakang penciptaan OJK adalah karena kebutuhan untuk membentuk berbagai lembaga eksekutif yang bertanggung jawab atas regulasi dan pengawasan sektor keuangan. Mengacu pada definisi OJK di atas, berikut adalah beberapa hal yang mendukung pembentukan Otoritas Jasa Keuangan:

  1. Mandat untuk hukum
    Mandat undang-undang ini adalah untuk membentuk lembaga pengawas di sektor jasa keuangan, termasuk bank, asuransi, sekuritas, dana pensiun, modal ventura, layanan pembiayaan, dan lembaga pemerintah lainnya.
  2. Pengembangan sektor jasa keuangan
    Adanya globalisasi dan inovasi dalam sistem keuangan dan kemajuan pesat di bidang teknologi informasi membuat sektor keuangan sangat dinamis, kompleks dan saling berhubungan.
  3. Konglomerasi lembaga jasa keuangan
    Pengawasan harus dilakukan oleh lembaga jasa keuangan yang memiliki anak perusahaan yang berbeda dalam layanan keuangan dengan kegiatan bisnis yang berbeda (konglomerasi). Misalnya, bank memiliki anak perusahaan di bidang asuransi, keuangan, sekuritas dan dana pensiun.
  4. Perlindungan konsumen
    Layanan keuangan yang lebih kompleks tentu meningkatkan masalah dan pelanggaran di industri ini. Itulah sebabnya pendidikan, perlindungan konsumen dan pembelaan hukum diperlukan untuk konsumen dari pihak terkait.

Sebagaimana dinyatakan secara singkat dalam definisi OJK di atas, OJK umumnya memiliki tugas dan wewenang untuk menerapkan sistem regulasi dan pengawasan sektor jasa keuangan di Indonesia. Regulasi dan pengawasan kegiatan jasa keuangan, baik di sektor perbankan dan non-perbankan. Regulasi dan pengawasan kegiatan jasa keuangan di sektor pasar modal. Peraturan dan pengawasan kegiatan jasa keuangan di sektor asuransi, dana pensiun, lembaga keuangan dan lembaga keuangan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *