Muku, pemenang WAF 2018 School Design

Hasil gambar untuk muku school

Bangunan sekolah Playgroup di Jepang dirancang dengan bentuk yang unik. Secara khusus, TK Muku di kota Fuji, Jepang. Gedung ini adalah pemenang Festival Arsitektur Dunia 2018 di kategori Bangunan setelah Sekolah. Bangunan yang dirancang oleh Arsitek Tezuka memiliki beberapa keunggulan. Menurut arsitek Tezuka, bentuk melingkar ruangan memungkinkan penggunaan fleksibel.

Kedua ruang melingkar memberikan pandangan 360 derajat sehingga penghuni dapat melihat semua sudut tanpa hambatan. Visibilitas adalah salah satu hal terpenting ketika membangun pembibitan dan kelompok bermain. Selain bentuknya yang unik, bahan utamanya menarik, yaitu kayu. Menurut Tezuka, penggunaan kayu dianggap sebagai perasaan aman dan suasana damai. Bentuk bangunan bertujuan untuk memberikan kenyamanan, terutama bagi anak-anak, untuk menikmati ruang tanpa batas.

Dilihat dari atas, struktur bangunan tampak seperti gelembung yang muncul di permukaan air. Hanya setiap bangunan yang dirancang oleh arsitek lain. Fungsi mereka juga bervariasi. Beberapa di antaranya adalah ruang permainan, ruang kelas dan lainnya.

Rangka atap dirancang khusus untuk memberikan perlindungan dari sinar matahari. Atap yang mengusung atap juga bekerja dengan memberi kesan deretan pohon.

Selain itu, sang arsitek menawarkan kolam renang, yang juga berbentuk lingkaran. Kolam ini hanya memiliki kedalaman 30 cm sehingga anak-anak dapat menyeberanginya. Di musim dingin, kolam dikeringkan sehingga bisa digunakan sebagai taman bermain. Secara keseluruhan, perhatian khusus diberikan pada perkembangan anak-anak dalam desain melingkar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *